ApakahApakah itu ASP?


ApakahApakah itu ASP?
● Merupakan Skrip bersifat “server-side” yang ditambahkan pada HTML agar menjadi sebuah Web yang lebih menarik, dinamis dan interaktif
● Bersifat “server-side” Berarti => bahwa proses pengerjaan Skrip ASP tersebut adalah berlangsung di Server, bukan di Browser / Client.
 ● Ilustrasinya : Pada saat kita menggunakan sebuah Browser untuk memanggil sebuah File ASP, maka browser tersebut mengirimkan permintaan ke Web server, kemudian Web server akan mengeksekusi setiap skrip yang ada dan hasilnya dikirimkan kembali ke Browser kita.
 ● Simulasi File ASP (untuk menjalankan File ASP pada sebuah PC biasa yang berbasis Windows) => dibutuhkan sebuah Instalasi Aplikasi yang berfungsi sebagai Web Server => PWS maupun IIS ( hal ini tidak dibahas, karena sudah pernah di jelaskan pada pertemuan kuliah sebelumnya)
 ● Contoh Skrip ASP : Pernyataan Now berfungsi untuk menampilkan waktu . Waktu yang tertera tergantung pada saat kita mengeksekusi file tersebut
 ● Setelah dieksekusi (Setelah skrip tertulis dengan benar dan sudah di simpan pada “Home Direktori”) maka akan memunculkan hasil seperti gambar di samping.
● Struktur Skrip ASP Sebuah File ASP => merupakan File text only yang di dalamnya berisi, teks, HTML Tag, dan Skrip ASP.
 ● jadi => File ASP sebenarnya merupakan file HTML biasa yang di dalamnya ditambahkan skrip ASP. Jika pada File HTML mempunyai ekstensi *.htm atau *.html, maka jika sudah diberi skrip ASP, ekstensi tersebut tinggal diubah (save as) menjadi *.asp
 ● Skrip ASP dapat diletakkan di mana saja seperti halnya kita meletakkan HTML tag. Untuk membedakan antara teks, HTML tag dan Skrip ASP, maka digunakan => suatu tanda yang disebut Delimeter .
● Delimeter => adalah suatu karakter atau kumpulan karakter yang mengawali dan mengakhiri suatu Tag atau Skrip. Pada HTML tag sudah kita ketahui da pelajari yaitu karakter < dan >.
● Untuk Skrip ASP, Delimeter yang digunakan => adalah kumpulan karakter <% dan %>
 ● Contoh Skrip ASP : Skrip ASP dapat dikombinasikan dengan HTML TAG
 ● Setelah dieksekusi (Setelah skrip tertulis dengan benar dan sudah di simpan pada “Home Direktori”) maka akan nampak hasil seperti gambar di samping. 19/11/2012 1
● BahasaSkrip ASP : Secara Default skrip ASP yang digunakan adalah => VBScript. Dapat diubah dengan Jscript .
 ● Cara mengubah Default BahasaSkrip ASP : <%@ language = BahasaSkrip %>
 ● Penjelasan => BahasaSkrip adalah bahasa skrip yang kita pilih sebagai bahasa primer. BahasaSkrip dapat diisi dengan VBScript ataupun Jscript. Perintah tertulis diatas hars diletakkan pada baris pertama dari sebuah file ASP. Selain bahasa Primer, ASP juga membolehkan kita untuk menggunakan bahasa lain dalam satu File yang sama. Dengan Cara kita harus menuliskan pernyataan berikut :
 ● Pernyataan RUNAT=SERVER menyatakan bahwa Skrip tersebut harus di proses diserver. Perhatikan bahwa Delimeter untuk bahasa skrip bukan primer adalah sama dngan HTML tag, bukan Delimeter ASP.
● Dasar Pemrograman ASP : Membuat File ASP File ASP merupakan sebuah file teks dengan ekstensi *.asp dan berisi dari item – item : a. Teks b. HTML Tag dan c. Perintah – perintah ASP
● Karena pada dasarnya ASP merupakan File HTML yang disisipi Skrip ASP, maka pembuatan File ASP dapat dilakukan dengan menggunakan teks editor biasa seperti notepad. Jika kita ingin menggunakan editor teks lainnya tidak menjadi masalah (misalnya Dreamweaver, ASPedit, Frontpage, dan semacamnya)
 ● Untuk dapat mengeksekusi File ASP, maka file tersebut wajib dan mutlak harus diletakkan pada direktori virtual yang telah diberi akses execute. File tersebut dieksekusi menggunakan sebuah browser, dan pada bagian Address diisikan alamat file ASP sebagai berikut : http: //namakomputer/namavirtual/namafile.asp
● Contoh Struktur Skrip ASP yang membolehkan kita untuk menggunakan Bahasa lain (undefault) :
● Selain Bahasa – bahasa Skrip diatas (Vbscript, Jscript, Perl), ASP juga sangat mendukung untuk menggunakan Bahasa SQL (Structured Query language). Bahasa SQL ini digunakan untuk hal – hal yang berkaitan dengan pengolahan database.

Tidak ada komentar: