Bab
I
Pengantar
Grafika Komputer
Tujuan:
1)
Mahasiswa memahami pengertian grafika
komputer dan sejarahnya.
2)
Mahasiswa memahami peranan grafika dalam
berbagai bidang
1.1
Pengertian
Grafika Komputer
Istilah grafika
komputer pertama kali dikemukakan oleh William Fetter pada tahun 1960 untuk
metode desain.
“Perhaps
the best way to define computer graphics is to find out what is it not. It is
not a machine. It is not computer, nor a group of computer programs. It is not
the know how a graphic designer, a programmer, a writer, a motion picture
specialist, or a reproduction specialist.
Computer
graphics is all these – a consciously managed and documented technology
directed toward communicating information accurately and descriptively”.
Berdasarkan definisi di
atas, grafika komputer tidak hanya mengenai hardware, software maupun berbagai
keahlian yang terkait dengan pengolahan grafis tetapi merupakan keseluruhan
keseluruhan hal-hal tersebut. Grafika
komputer berkaitan dengan pengolahan dan pendokumentasian teknologi yang
mengarah kepada komunikasi dan informasi secara akurat dan deskriptif.
Grafika komputer (Computer Graphic) juga dapat diartikan
sebagai seperangkat alat yang terdiri dari hardware dan software untuk membuat
gambar, grafik atau citra realistik untuk seni, game komputer, foto dan animasi
komputer dan lain-lain.
1.2
Sejarah
Grafika Komputer
Sejarah grafika
komputer telah dimulai sejak jaman
dahulu kala yaitu ketika bangsa Mesir, Roma dan Yunani berkomunikasi secara
grafik. Beberapa lukisan terdapat pada batu nisan orang Mesir dapat dikatakan
sebagai lukisan teknik.
Perkembangan grafika
komputer secara sederhana dapat dibagi menjadi empat fase, yaitu:
1)
Fase Pertama (1950) era grafika komputer
interaktif
·
Tidak begitu cepat karena teknologi,
jumlah dan nilai komputer tidak mendukung.
·
MIT berhasil mengembangkan komputer
whirlwind dengan tabung sinar katode (Cathode Ray Tube-CRT).
·
Sudah menggunakan pena cahaya (light
pen) yaitu sebuah alat input bentuknya seperti pensil yang digunakan untuk
memilih posisi, menunjuk sesuatu dan menggambar pada layar dengan pendeteksian
cahaya yang datang dari titik-titik pada layar CRT.
·
Telah ada alat pemrograman otomatis
(Automatic Programming Tool)
2)
Fase Kedua (1960) Jaman Penelitian/Riset
Grafika Komputer Interaktif
·
Jaman ini dapat dikatakan jaman
penelitian/riset grafika komputer interaktif .
·
Grafika komputer modern telah berhasil
ditemukan oleh Ivan Sutherland dengan sistem penggambaran SKETCHPAD. Selain itu
Sutherland juga mengembangkan teknik interaktif dengan sarana keyboard dan
light-pen.
·
Pertengahan tahun 1960, sejumlah projek
penelitian dan produk Computer Aided Design/Manufacuring (CAD/CAM) telah muncul.
·
Tahun 1964, perusahaan General Motors
mengumumkan produk CAD yaitu CAD-1 atau Design Augmented by Computer.
·
Tahun 1965, perusahaan Lockheed Aircraft
mulai projek CADAM dan perusahaan Bell
Telephone Laboratory mengumumkansistem display jarak jauh yaitu GRAPHIC1.
3)
Fase Ketiga (1970)
Grafika komputer
interaktif telah digunakan oleh sektor industri, pemerintah dan ilmuawan untuk
memperbaiki kualitas desain produk secara cepat dan mudah.
4)
Fase Keempat (1980-1990)
·
Masa ini grafika komputer berkembang
pesat. Banyak orang berlomba untuk menemukan teori dan algoritma baru.
Penelitian pada dekade ini bertumpu pada penggabungan dan pengotomatisasian
berbagai unsur dan pemodelan pejal (solid modelling).
·
Tahun 1990-an, teknologi model hibrid
mula dikenalkan. Teknologi ini merupakan penggabungan objek pejal dengan permukaan.
1.3
Peranan
Grafika Komputer
Grafika komputer telah
menunjukkan kemajuan yang pesat dalam pengembangan berbagai aplikasi untuk
menghasilkan gambar. Walaupun pada awalnya aplikasi dalam sains dan engineering
memerlukan peralatan yang mahal, perkembangan teknologi komputer memberikan
kemudahan penggunaan komputer sebagai alat bantu aplikasi grafik komputer
interaktif. Pada saat ini grafika komputer digunakan secara rutin dibidang ilmu
pengetahuan, teknik, kedokteran, bisnis,
industri, pemerintahan, seni, hiburan, pendidikan, periklanan, dan lain
sebagainya. Berikut contoh peranan grafika komputer dalam berbagai bidang:
1)
Desain
Dalam
proses desain grafika komputer terutama digunakan pada sistem engineering dan
arsitektur. Pada umumnya Computer Aided Design (CAD) digunakan untuk pembuatan
desain mobil, bangunan, pesawat terbang, kapal, komputer, tekstil, dan
lain-lain.
Pada
beberapa aplikasi desain, objek ditampilkan dalam bentuk wireframe, dimana
diperlihatkan keseluruhan bentuk, dengan bentuk internal dari objek tersebut. Penggunaan
wireframe bermanfaat bagi designer untuk melihat isi dari objek tersebut.
Contoh
perangkat lunak yang digunakan yaitu AutoCAD, 3D Studio Max, dan Maya.
2)
Grafika Presentasi
Bidang
lain yang berhubungan dengan grafika komputer adalah grafik presentasi yang
dapat berupa cetakan, slide, dan transparansi.
Grafik presentasi biasanya digunakan untuk melengkapi laporan keuangan,
sains, data ekonomi, dan lain-lain.
Bentuk grafik presentasi tersebut adalah chart, bar chart, pie chart,
dan lain-lain.
3)
Computer Art
Metode
grafika komputer digunakan dalam aplikasi commercial art dan fine art.
Seniman
menggunakan bermacam-macam perangkat lunak grafik, dan kadang
dilengkapi
dengan perangkat keras khusus.
Contoh perangkat lunak yang digunakan yaitu Corel
Draw, Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator, Macromedia, dan sebagainya.
4)
Film
Pada
pembuatan film layar lebar, komputer banyak digunakan untuk menunjang proses
pemodelan, visualisasi, dan editing. Misalnya dalam proses special effect, film
animasi.
5)
Televisi
Grafika
komputer dalam tayangan televisi juga dapat berupa iklan, tampilan tiap acara,
dan lainnya.
6)
Video Musik
Produksi
video musik tidak terlepas dari grafika komputer, diantaranya pembuatan
promosi, cover atau kemasan video, serta animasi yang mengiringi setiap lagu.
Proses editing video dan audio dilakukan dengan menggunakan komputer.
7)
Game
Berbagai
game dapat dijalankan pada komputer PC, video player dengan monitor TV, dan ada yang menggunakan perangkat keras
khusus. Alat input interaktif seperti
mouse dan joystick diperlukan untuk aplikasi game.
8)
Pendidikan
Komputer
sebagai alat bantu pendidikan (Computer Assisted Instruction) sudah cukup
dikenal. Komputer juga digunakan pada aplikasi-aplikasi bukan pengajaran untuk menunjang
sistem pendidikan, seperti mengolah data, mencatat kehadiran, dan sebagainya.
Aplikasi
bidang pengajaran dengan komputer sebagai alat bantunya, diantaranya:
Drill
and Practice (latih dan praktek)
CAI
menggantikan pengajar untuk memberikan latihan kepada siswa.
Tutorial
(penjelasan)
Sistem
komputer digunakan untuk menyampaikan materi ajaran.
Simulasi
Digunakan
untuk mengkaji permasalahan yang rumit pada bidang biologi, transportasi,
ekonomi, dan lain-lain.
Aplikasi
bidang bukan pengajaran dengan alat bantu komputer, diantaranya :
Computer
Assisted Testing (Ujian Berbantuan Komputer)
Komputer
digunakan untuk sarana ujian.
Computer
Assisted Guidance (Pengarahan Berbantuan Komputer)
Komputer
digunakan sebagai sarana untuk mencari informasi yang diperlukan.
Computer
Managed Instruction
Komputer
digunakan untuk merencanakan pelajaran, evaluasi belajar, serta memantau
prestasi siswa.
9)
Visualisasi
Ilmuwan,
ahli kedokteran, analis bisnis, dan lain-lain sering menggunakan banyak informasi suatu masalah dalam
mempelajari perilaku proses tertentu. Informasi tersebut berisi ribuan data
untuk memberikan gambaran hasil suatu evaluasi. Data tersebut diproses sehingga
mendapatkan hasil dalam bentuk visual.
10)
Image Processing
Image
processing (pengolahan citra) merupakan teknik untuk memodifikasi atau
menginterpretasi
gambar yang ada, seperti foto dan rangkaian gambar film. Dua
macam
prinsip pengolahan citra adalah :
·
Meningkatkan kualitas gambar.
·
Memberikan persepsi dari informasi
visual, seperti pada robotic.
Untuk
melakukan pengolahan citra, pertama-tama membuat digitasi dari foto atau
membuat foto menjadi file image. Selanjutnya metode digital dapat digunakan
untuk memodifikasi gambar sehingga mendapatkan kualitas yang baik.
11)
Graphical User Interface (GUI)
Graphical
interface (antarmuka grafik) banyak digunakan dalam setiap aplikasi.
Komponen
utamanya adalah window manager, dimana pengguna dapat mengatur tampilan dari
window. Interface juga menampilkan menu dan icon untuk mempercepat pemilihan
yang dilakukan oleh pengguna.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar