Grafika komputer BAB 1


Bab I
Pengantar Grafika Komputer
 

Tujuan:
1)                  Mahasiswa memahami pengertian grafika komputer dan sejarahnya.
2)                  Mahasiswa memahami peranan grafika dalam berbagai bidang
 

1.1              Pengertian Grafika Komputer
Istilah grafika komputer pertama kali dikemukakan oleh William Fetter pada tahun 1960 untuk metode desain.
 “Perhaps the best way to define computer graphics is to find out what is it not. It is not a machine. It is not computer, nor a group of computer programs. It is not the know how a graphic designer, a programmer, a writer, a motion picture specialist, or a reproduction specialist.
Computer graphics is all these – a consciously managed and documented technology directed toward communicating information accurately and descriptively”.
Berdasarkan definisi di atas, grafika komputer tidak hanya mengenai hardware, software maupun berbagai keahlian yang terkait dengan pengolahan grafis tetapi merupakan keseluruhan keseluruhan hal-hal tersebut.  Grafika komputer berkaitan dengan pengolahan dan pendokumentasian teknologi yang mengarah kepada komunikasi dan informasi secara akurat dan deskriptif.
Grafika komputer  (Computer Graphic) juga dapat diartikan sebagai seperangkat alat yang terdiri dari hardware dan software untuk membuat gambar, grafik atau citra realistik untuk seni, game komputer, foto dan animasi komputer dan lain-lain.

1.2              Sejarah Grafika Komputer
Sejarah grafika komputer telah dimulai sejak  jaman dahulu kala yaitu ketika bangsa Mesir, Roma dan Yunani berkomunikasi secara grafik. Beberapa lukisan terdapat pada batu nisan orang Mesir dapat dikatakan sebagai lukisan teknik.
Perkembangan grafika komputer secara sederhana dapat dibagi menjadi empat fase, yaitu:
1)                  Fase Pertama (1950) era grafika komputer interaktif
·                     Tidak begitu cepat karena teknologi, jumlah dan nilai komputer tidak mendukung.
·                     MIT berhasil mengembangkan komputer whirlwind dengan tabung sinar katode (Cathode Ray Tube-CRT).
·                     Sudah menggunakan pena cahaya (light pen) yaitu sebuah alat input bentuknya seperti pensil yang digunakan untuk memilih posisi, menunjuk sesuatu dan menggambar pada layar dengan pendeteksian cahaya yang datang dari titik-titik pada layar CRT.
·                     Telah ada alat pemrograman otomatis (Automatic Programming Tool)
2)                  Fase Kedua (1960) Jaman Penelitian/Riset Grafika Komputer Interaktif
·                     Jaman ini dapat dikatakan jaman penelitian/riset grafika komputer interaktif .
·                     Grafika komputer modern telah berhasil ditemukan oleh Ivan Sutherland dengan sistem penggambaran SKETCHPAD. Selain itu Sutherland juga mengembangkan teknik interaktif dengan sarana keyboard dan light-pen.
·                     Pertengahan tahun 1960, sejumlah projek penelitian dan produk Computer Aided Design/Manufacuring (CAD/CAM) telah muncul.
·                     Tahun 1964, perusahaan General Motors mengumumkan produk CAD yaitu CAD-1 atau Design Augmented by Computer.
·                     Tahun 1965, perusahaan Lockheed Aircraft mulai projek CADAM  dan perusahaan Bell Telephone Laboratory mengumumkansistem display jarak jauh yaitu GRAPHIC1.
3)                  Fase Ketiga (1970)
Grafika komputer interaktif telah digunakan oleh sektor industri, pemerintah dan ilmuawan untuk memperbaiki kualitas desain produk secara cepat dan mudah.
4)                  Fase Keempat (1980-1990)
·                     Masa ini grafika komputer berkembang pesat. Banyak orang berlomba untuk menemukan teori dan algoritma baru. Penelitian pada dekade ini bertumpu pada penggabungan dan pengotomatisasian berbagai unsur dan pemodelan pejal (solid modelling).
·                     Tahun 1990-an, teknologi model hibrid mula dikenalkan. Teknologi ini merupakan penggabungan objek pejal dengan permukaan.
1.3              Peranan Grafika Komputer
Grafika komputer telah menunjukkan kemajuan yang pesat dalam pengembangan berbagai aplikasi untuk menghasilkan gambar. Walaupun pada awalnya aplikasi dalam sains dan engineering memerlukan peralatan yang mahal, perkembangan teknologi komputer memberikan kemudahan penggunaan komputer sebagai alat bantu aplikasi grafik komputer interaktif. Pada saat ini grafika komputer digunakan secara rutin dibidang ilmu pengetahuan, teknik, kedokteran, bisnis,  industri, pemerintahan, seni, hiburan, pendidikan, periklanan, dan lain sebagainya. Berikut contoh peranan grafika komputer dalam berbagai bidang:
1)                  Desain
Dalam proses desain grafika komputer terutama digunakan pada sistem engineering dan arsitektur. Pada umumnya Computer Aided Design (CAD) digunakan untuk pembuatan desain mobil, bangunan, pesawat terbang, kapal, komputer, tekstil, dan lain-lain.
Pada beberapa aplikasi desain, objek ditampilkan dalam bentuk wireframe, dimana diperlihatkan keseluruhan bentuk, dengan bentuk internal dari objek tersebut. Penggunaan wireframe bermanfaat bagi designer untuk melihat isi dari objek tersebut.
Contoh perangkat lunak yang digunakan yaitu AutoCAD, 3D Studio Max, dan Maya.
2)                  Grafika Presentasi
Bidang lain yang berhubungan dengan grafika komputer adalah grafik presentasi yang dapat berupa cetakan, slide, dan transparansi.  Grafik presentasi biasanya digunakan untuk melengkapi laporan keuangan, sains, data ekonomi, dan lain-lain.  Bentuk grafik presentasi tersebut adalah chart, bar chart, pie chart, dan lain-lain.
3)                  Computer Art
Metode grafika komputer digunakan dalam aplikasi commercial art dan fine art.
Seniman menggunakan bermacam-macam perangkat lunak grafik, dan kadang
dilengkapi dengan perangkat keras khusus.
Contoh  perangkat lunak yang digunakan yaitu Corel Draw, Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator, Macromedia, dan sebagainya.
4)                  Film
Pada pembuatan film layar lebar, komputer banyak digunakan untuk menunjang proses pemodelan, visualisasi, dan editing. Misalnya dalam proses special effect, film animasi.
5)                  Televisi
Grafika komputer dalam tayangan televisi juga dapat berupa iklan, tampilan tiap acara, dan lainnya.
6)                  Video Musik
Produksi video musik tidak terlepas dari grafika komputer, diantaranya pembuatan promosi, cover atau kemasan video, serta animasi yang mengiringi setiap lagu. Proses editing video dan audio dilakukan dengan menggunakan komputer.
7)                  Game
Berbagai game dapat dijalankan pada komputer PC, video player dengan monitor  TV, dan ada yang menggunakan perangkat keras khusus.  Alat input interaktif seperti mouse dan joystick diperlukan untuk aplikasi game.
8)                  Pendidikan
Komputer sebagai alat bantu pendidikan (Computer Assisted Instruction) sudah cukup dikenal. Komputer juga digunakan pada aplikasi-aplikasi bukan pengajaran untuk menunjang sistem pendidikan, seperti mengolah data, mencatat kehadiran, dan sebagainya.
Aplikasi bidang pengajaran dengan komputer sebagai alat bantunya, diantaranya:
Drill and Practice (latih dan praktek)
CAI menggantikan pengajar untuk memberikan latihan kepada siswa.
Tutorial (penjelasan)
Sistem komputer digunakan untuk menyampaikan materi ajaran.
Simulasi 
Digunakan untuk mengkaji permasalahan yang rumit pada bidang biologi, transportasi, ekonomi, dan lain-lain.
Aplikasi bidang bukan pengajaran dengan alat bantu komputer, diantaranya :
Computer Assisted Testing (Ujian Berbantuan Komputer) 
Komputer digunakan untuk sarana ujian.
Computer Assisted Guidance (Pengarahan Berbantuan Komputer)   
Komputer digunakan sebagai sarana untuk mencari informasi yang diperlukan.
Computer Managed Instruction
Komputer digunakan untuk merencanakan pelajaran, evaluasi belajar, serta memantau prestasi siswa.
9)                  Visualisasi
Ilmuwan, ahli kedokteran, analis bisnis, dan lain-lain sering menggunakan  banyak informasi suatu masalah dalam mempelajari perilaku proses tertentu. Informasi tersebut berisi ribuan data untuk memberikan gambaran hasil suatu evaluasi. Data tersebut diproses sehingga mendapatkan hasil dalam bentuk visual.
10)              Image Processing
Image processing (pengolahan citra) merupakan teknik untuk memodifikasi atau
menginterpretasi gambar yang ada, seperti foto dan rangkaian gambar film. Dua
macam prinsip pengolahan citra adalah :
·                     Meningkatkan kualitas gambar.
·                     Memberikan persepsi dari informasi visual, seperti pada robotic.
Untuk melakukan pengolahan citra, pertama-tama membuat digitasi dari foto atau membuat foto menjadi file image. Selanjutnya metode digital dapat digunakan untuk memodifikasi gambar sehingga mendapatkan kualitas yang baik.
11)              Graphical User Interface (GUI)
Graphical interface (antarmuka grafik) banyak digunakan dalam setiap aplikasi.
Komponen utamanya adalah window manager, dimana pengguna dapat mengatur tampilan dari window. Interface juga menampilkan menu dan icon untuk mempercepat pemilihan yang dilakukan oleh pengguna.

Tidak ada komentar: