Cara Merawat Adapter (Charger) & Baterai Laptop Agar Awet


Cara Merawat Adapter (Charger) & Baterai Laptop Agar Awet


Bisa apa sebuah laptop tanpa adapter dan baterai? Sebuah laptop berbagai jenis dan mereknya tidak akan bisa lepas dari kedua hal tersebut. Kelihatannya sih sepele, namun tanpa kedua alat itu laptop kita menjadi tidak berguna karena tidak bisa nyala :D . Kedua perangkat tersebut kalau kita lihat lebih jauh sangat ringkih loh! Salah cara penggunaannya bisa berakibat fatal, terutama untuk baterai yang umurnya selalu berkurang tiap tahun jika digunakan. Maka dari itu kita harus lebih care sama kedua perangkat penunjang laptop kita. Nah, disini gua mau sedikit berbagi tips dan cara merawat baterai dan adapter laptop
Merawat Baterai Laptop :
1. Usahakan jaga kondisi suhu baterai, Jangan menggunakan baterai di tempat-tempat yang panas seperti di dalam sauna atau oven :D . Intinya usahakan berhenti menggunakan komputer jika baterai laptop sudah terasa panas. Karena pnas dapat menurunkan daya tahan baterai.
2. Untuk baterai Lithium Ion atau biasa disebut Li-Ion, usahakan jangan menggunakan sampai benar-benar habis. Minimal ketika baterai sudah mencapai 10-20% segera lakukan pengecasan terhadap baterai.
3. Jika kita menggunakan laptop dengan jangka waktu yang lama, usahakan untuk melepas baterai ketika digunakan. Kecuali untuk laptop yang sudah memiliki auto cut-off listrik seperti laptop-laptop Macintosh dan Asus mereka akan memutus aliran listrik ke baterai jika baterai sudah terisi penuh.
4. Jika laptop akan disimpan dalam jangka waktu yang lama dan ingin menjaga keutuhan daya tampung baterai, sisakan daya pada baterai sekitar 40% dan taruhlah di tempat yang kering. Beberapa ahli menyarankan untuk memasukannya ke dalam lemari es. Gunakan kantong plastik yang tertutup rapat untuk menyingkirkan kelembapan. Tapi ingat, jangan sampai membeku, hanya di dinginkan saja.
5. Ingin baterai kamu tahan lebih lama dari biasanya? Gunakan software power management untuk mengatur clockspeed processor agar daya yang digunakan latop tidak begitu besar. Atau coba saja untuk menimilkan cahaya LCD monitor, men-silentkan audio, mematikan Wifi & Bluetooth, mematikan CD Rom, mematikan software-software idle dan lainnya. Cara tersebut juga bisa membikin latop kta lebih hemat batere :D
Merawat Adapter :
1. Gulunglah adapter dengan baik dan benar, Jangan melilitkan pada kotak adapter. Contoh menggulung yang baik sudah dicontohkan pada gambar diatas
2. Pada saat menggunakan adapter, pastikan kabel tidak terjepit atau tertindih sesuatu. Karena bisa merusak kabel dalam
3. Jangan menggunlung kabel dengan kencang
4. Jika adapter sudah sering terputus-putus ketika digunakan lebih baik segera ganti adapter. Karena adapter masih lebih murah dibandingkan membeli motherboard atau baterai baru.
5. Hindarkan penggunaan pada stop kontak yang voltase listriknya naik turun, atau gunakan stabilizer
6. Jaga suhu adapter, beberapa adapter bawaan laptop jenis value sering kali melepuh ketika kepanasan.

Nah, sekarang udah tau kan gimana caranya merawat baterai dan adapter.

Tidak ada komentar: